Laman Definisi IT

Rabu, 27 Juli 2011

Definisi dalam NETWORKING (jaringan)

Definisi dalam NETWORKING (jaringan)
802.11a
Standar wireless network dengan maximum data transfer rate 54 Mbps dan bekerja pada frekuensi 5 Ghz.
802.11b
Standar wireless network dengan maximum data transfer rate 11 Mbps dan bekerja pada frekuensi 2,4 Ghz.
802.11g
Standar wireless network dengan maximum data transfer rate 54 Mbps (typical 200 Mbps) dan bekerja pada frekuensi 2,4 Ghz, dengan backward compatibility berperangkat 802.11b.

802.11n
Standar wireless network dengan maximum data transfer rate 600 Mbps dan bekerja pada frekuensi 2,4 Ghz atau 5 Ghz.

Access Point
Suatu alat yang memungkinkan komputer berperangkat wireless dan alat-alat lainnya untuk berkomunikasi via jaringan berkabel. ini juga digunakan untuk memperluas jangkauan dari sebuah jaringan nirkabel. Dengan menempatkan access point di posisi remote.

Channel
Di dunia komunikasi channel merujuk pada media yang digunakan untuk membawa informasi dari si pengirim (transmitter) ke penerima (reciever).

Duplex
Adalah sebuah istilah dalam bidang telekomunikasi yang merujuk kepada komunikasi dua arah. Ada dua metode duplexing, yakni full-duplex dan half-duplex. Full-duplex, komunikasi dua pihak dapat dilakukan dalam waktu yang sama. Sedang, half-duplex merupakan sebuah mode komunikasi dua arah, tapi tidak dapat secara bersama-sama.

Ethernet
Suatu protokol Local Area Network (LAN) yang dikembangkan Xerox Corporation bersama dengan DEC dan Intel pada sekitar tahun 1976. Protokol ini merupakan salah satu standar LAN yang paling banyak digunakan saat ini.

Firewall
Firewall-lah yang menentukan informasi yang dapat masuk dan keluar melaluinya. NAT akan menyembunyikan lokal IP dari network di luar firewall. Ini akan mengamankan client, untuk diakses dari luar firewall, ataupun melihat-lihat file didalamnya.

LAN
Local Area Network terdiri dari sekumpulan PC yang terkoneksi dalam area yang relatif kecil, seperti pada home network.

MAC Address
Media Access Control address adalah ID yang dimiliki pada device yang terhubung dengan network. Seperti ethernet controller serta wireless ethernet.

MIMO
Kependekan dari Multiple-Input Multiple-Output, yaitu teknik transmisi data dengan menggunakan beberapa jalur sinyal data sekaligus. Untuk meningkatkan throughput. Teknik ini mengeksploitasi fenomena dari suatu sinyal yang tersebar dengan membentuk beberapa jalur ketika ditransmisikan, daripada mencoba untuk menghilangkannya.

NAS
Network attached storage (NAS) adalah perangkat yang didedikasikan sebagai storage file server sharing. Ia adalah bagian terpisah dari server. NAS memungkinkan penggunanya untuk menambahkan kapasitas media penyimpanan, tanpa Passphrase Key Encryption. Passphrase ini mirip dengan password namun dengan input sequence berbentuk kata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar