Laman Definisi IT

Selasa, 12 Juli 2011

Istilah didalam Motherboard

Enam istilah didalam Motherboard yang banyak terdengar, walau yang lain juga ada, berikut:

Chipset
Chips atau chipset merupakan potongan-potongan kecil silikon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chipset didalamnya. Chipset pada Motherboard mengontrol masukan dan keluaran yang mendasar dari komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik 3D dan output dari gambar pada monitor. CPU merupakan salah satu contoh chip yang sangat penting. Chipset pada Motherboard, misalnya BX, i810, i820 dan banyak lagi lainnya.

FSB (Front Side Bus)
Pada microprocessor, FSB menghubungkan processor dengan memory utama. Juga digunakan untuk mengomunikasikan antara processor dengan komponen lainnya yang ada di motherboard.

HSF (Heat Sink Fan)
Sebuah komponen CPU yang dipakai untuk menyerap panas. Biasanya terbuat dari aluminium. Pemakaian fan sebagai peredam suhu ini akan meningkatkan performa kerja komuter.

IDE (Integrated Drive Electronics)
Sebuah tipe hardware interface yang berfungsi untuk menghubungkan harddisk, CDROM dan drive tape pada sebuah PC. IDE sangat populer dan banyak digunakan karena menyediakan cara yang terhitung ekonomis untuk menghubungkan komponen-komponen hardware.

IDE Controller
Salah satu fungsi yang dimiliki chipset pada motherboard, untuk mengatur komunikasi (management) data pada harddisk, CDROM dan sebagainya.

LGA775
Memiliki kepanjangan Land Grid Array adalah jenis socket yang digunakan CPU khususnya intel, dimana kini pin berada di socket, bukan di processor lagi. Angka 775 adalah banyaknya kaki pin.

3 komentar:

  1. Terima kasih atas ilmunya, Pak...

    Ternyata dari 5 yang komen di blog saya tadi, 4 diantaranya dari orang yang sama, toh!
    Jadi selama ini aku tertopi, eh, tertipu..alamak..

    BalasHapus
  2. salam sahabat
    maaf telat
    ihhh baru tahu istilah motherhoad disini terima kasih yach sungguh masih terasa asing hihihi

    BalasHapus
  3. chipset yg paling terkenal krn selalu update dgn teknologi terbaru

    BalasHapus