Laman Definisi IT

Minggu, 03 Juli 2011

Seputar RAM/memory

Seputar RAM/memory, yang didalam prosesnya terdapat istilah/terminologi. Terkait juga dengan komponen-komponen yang mendukung dari terjadinya proses kerja suatu memory. Diantara definisi/istilah/terminologi tersebut adalah:

Access Times,Timing; Suatu pengukuran waktu dalam satuan nanoseconds (ns) yang digunakan untuk menunjukan kecepatan suatu memory(RAM). Access Time ini ditentukan saat pertama CPU meminta data ke memory(RAM) hingga waktu menerima data tersebut.

Bandwidth; Merupakan suatu kapasitas maksimal dalam prosesi memindahkan data di dalam jaringan elektronik seperti Bus atau Channel(dalam RAM). Lebih singkatnya,yaitu jumlah data maksimal yang dapat dipindahkan di dalam satuan waktu tertentu. Bandwidth ini biasanya diekspresikan dalam satuan bit, byte atau Hertz.

Buffered; maksudnya menambahkan komponen logika tambahan kedalam sebuah SIMM/DIMM untuk meningkatkan arus keluaran. Ini dilakukan untuk menghindari pengurangan kualitas sinyal data akibat dari proses kapasitansi. Modul memory yang termasuk jenis "buffered" biasanya memiliki chip-chip buffer kecil tambahan pada board yang digunakan.

CAS; Column Address Select/Strobe adalah sebuah pin pengontrol yang ada pada sebuah chip DRAM yang digunakan untuk memilih dan mengaktifkan alamat-alamat kolom pada memory. Sebuah kolom yang dipilih pada DRAM, ditentukan oleh data yang berada pada pin-pin alamat ketika CAS menjadi aktif.

EPP; Enhanced Performance Profile adalah teknologi profile memory PC yang dikembangkan oleh nVidia. Teknologi ini utamanya didesain agar membuat proses overlocking menjadi lebih mudah.

XMP; Xtreme Memory Profile adalah teknologi profile untuk memory yang dikembangkan oleh Intel dan diproduksi serta kerja sama dengan Corsair.

2 komentar:

  1. pakde ikut meyimak tutorialnya, untuk menambah wawasan

    BalasHapus
  2. @ pakde sulas: terimakasih pakde atas kunjungannya....bersama kita belaajr untuk menambah wawasan...salam hangat dari sma5 Balikpapan

    BalasHapus