Laman Definisi IT

Jumat, 26 Oktober 2012

Teknologi mendeteksi wajah

Metode terkini dari pendeteksian wajah dapat dilakukan dengan beberapa cara, namun belum ada satu pun metode yang diterima secara luas. Walau begitu teknologi deteksi wajah sudah jelas. Perkembangannya mulai dari teknik geometri sederhana sampai teknik kombinasi.
Berikut beberapa teknologi dan sekaligus penjelasannya:
2D GEOMETRY
Fase awal pendeteksian wajah hanya membandingkan data-data geometri sederhana satu sama lain, seperti jarak mata atau jarak antara dagu dan garis rambut. Namun metode ini tidak akurat dan terlalu mudah dikecoh.

2D STATISTICS
Metode statistik seperti garis wajah lebih akurat. Dengan metode ini, abstrak wajah diproses kemudian, perbedaan wajah yang diuji dengan wajah referensi diperiksa. Metode lain membandingkan spektrum frekuensi wajah dengan bantuan Fourier Transformation.

2,5D COMBO
Metode statistik dapat disempurnakan dengan informasi 3D. Misalnya untuk mengoreksi arah pandangan mata pada wajah. Teknik ini mempersulit penipuan atau kesalahan rekaman, antara lain ketika sistem malah memindai gambar wajah pada baju/kertas, bukan pada wajah sebenarnya.

3D RECOGNITION
Laser Scanner atau pattern projection cukup sulit untuk dikelabui karena secara teori tidak tergantung pada lighting dan arah wajah. Namun teknik ini cukup mahal dan sensitif dengan faktor-faktor gangguan seperti topi atau kerah yang diluruskan.

COMBINATION
Tingkat pendeteksian terbaik diperoleh dengan menggabungkan teknik yang ada, seperti metode biometrik lainnya. Contoh, pemeriksaan retina mata dalam jarak sampai 2 meter, pemeriksaan sidik jari, gerakan bibir, cara melangkah atau penekanan tombol.

2 komentar:

  1. Aplikasi yang digunakan ada tidak Mas :)

    BalasHapus
  2. maaf mengganggu saya hanya ingin berbagi artikel yang berkaitan tentang Deteksi Wajah
    berikut linknya :
    http://repository.gunadarma.ac.id:8080/bitstream/123456789/781/1/ImageProcessing_DewiAR_2%286%29140_145.pdf
    semoga bermanfaat :)

    BalasHapus